Kemajuan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Information Technology adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan atau menyebarkan informasi (Wikipedia Indonesia). Berdasarkan pengertian tersebut,  teknologi informasi tidak hanya berupa komputer tetapi juga gawai, televisi, telepon, dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Teknologi informasi merupakan perpaduan dari komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara dan video. 

Pada mulanya, manusia bertukar informasi menggunakan bahasa. Sehingga bahasa dapat disebut sebagai sebuah teknologi. Dalam hal ini, diperlukan komunikasi secara langsung namun akan membatasi jangkauan suara yang dapat diterima oleh penerima. Data mengenai informasi melalui bahasa tidak bisa disimpan untuk waktu yang lama, sesuai dengan kapasitas mengingat si penerima. Oleh karena itu komunikasi menggunakan bahasa yang dilakukan secara langsung ini dinilai kurang efisien tanpa adanya inovasi baru. Setelah itu, teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Jangkauan informasi melalui gambar bisa lebih jauh, karena gambar dapat dibawa dan disampaikan kepada orang lain tanpa terbatas jangkauan suara. 

Perkembangan teknologi informasi terus mengalami kemajuan. Dengan ditemukannya huruf atau alfabet dan angka, penyampaian informasi dapat dilakukan degan lebih efisien. Disusul dengan kemunculan teknologi percetakan yang memungkinkan pengiriman informasi semakin cepat. Disempurnakan oleh teknologi elektronik yang mengakibatkan informasi berkembang pesat dan tersebar ke seluruh penjuru serta dapat disimpan dalam kurun waktu yang lebih lama. 

Sejak dulu hingga sekarang, teknologi terus menerus mengalami perkembangan di berbagai bidang. Dulunya manusia memiliki gagasan agar orang yang berada di tempat yang berjauhan dapat saling berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Dibuatlah sebuah inovasi untuk mengatasi hal tersebut dengan berbagai riset dan uji coba, hingga menemukan sebuah teknologi baru yang sekarang dikenal dengan telepon. Telepon sendiri, dari sejarah pembuatannya hingga sekarang berkembang menjadi smartphone, telah mengalami banyak perubahan dan kemajuan demi memuaskan kebutuhan manusia. Karena pada dasarnya, teknologi informasi muncul dari kebutuhan manusia.

Kemajuan teknologi informasi memberi berbagai dampak baik positif maupun negatif. Dampak positif dari kemajuan  teknologi informasi adalah kemudahan dalam mengakses isformasi, efisiensi yang tinggi, luasnya jangkauan informasi, dan meningkatkan kreativitas. Disamping dampak positif, ada pula dampak negatifnya, yaitu : kurangnya filtering informasi sehingga dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi negatif, mejadikan budaya malas membaca karena kemudahan akses informasi yang diperlukan dan maraknya kejahatan di dunia maya. Dalam menanggapi berbagai dampak negatif dari kemajuan  teknologi informasi, hendaknya kita perlu mengambil langkah tegas dan cerdas untuk tidak melakukan dan menghindarinya dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan bijak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Logika Informatika dalam Dunia Komputer